Tugas Otomasi Perkantoran

Posted: September 15, 2011 in DOSEN STIKOM

TUGAS

Otomasi Perkantoran

 Nama : Anita Rahmawati

Nim    : 09.39015.0005

SEKOLAH TINGGI

MANAJEMEN INFORMATIKA & TEKNIK KOMPUTER

SURABAYA

2011

Tugas

Cari kerugian dan penerapan otomasi perkantoran serta berikan alasannya.

Kerugian Otomasi Perkantoran

  • Bagi pegawai yang unskill akan menimbulkan rasa takut kehilangan pekerjaan dan frustasi yang semakin tinggi bagi pegawai yang unskill.
  • Rasa tidak memiliki akan semakin tinggi, karena data semakin transparan terutama pada pimpinan yang lebih tinggi.
  • Hanya pegawai yang skill yang dapat bekerja pada kantor yang menggunakan Otomasi Pekantoran.
  • Investasi lebih rendah bila dibandingkan dengan kantor yang menggunakan Otomasi Perkantoran.
  • Untuk kantor yang menggunakan OA bagi pekerja yang mempunyai skill dapat menggoperasiakn computer maka akan menyalah gunakan OA.
  • Suatu kantor yang menggunakan otomasi perkantoran akan banyak mengeluarkan investasi kedalam perangkat keras dan perangkat lunak untuk membantu pegawai menjadi lebih produktif.
  • Otomasi Perkantoran dalam sebuah organisasi atau perusahaan akan membawa dampak perubahan struktur organisasi yang akan memperngaruhi kompetensi yang dibutuhkan oleh eksekutif organisasi.Permintaan otomasi perkantoran akan membawa perubahan dalam cara berinteraksi dengan para eksekutif dan staf.

Jadi kesimpulan, alasan kerugian otomasi dan penarapan otomasi perkantoran akan membawa dampak positif dan negatif bagi para pegawai. Untuk dampak negatif otomasi perkantoran bagi pegawai adalah bagi pegawai yang tidak mengerti IT maka akan mengalami kesulitan dalam berkomunikasi dan penggunaan otomasi perkantoran itu sendiri. Serta merasa takut bahwa akan tergantikan dengan pegawai yang memiliki skill yang bagus.  Dan sebaliknya dampak positif otomasi perkantoran bagi pegawai adalah dapat meningkatkan kinerja karyawan, lebih mudah dan cepat dalam mengoperasikan otomasi perkantoran. Akan tetapi apabila otomasi perkantoran dalam organisasi atau perusahaan berjalan maka mutu dan kualitas dalam produktivitas. Otomasi perkantoran juga akan lebih mengarah bagaimana pegawai akan bisa menguasai teknologi yang diberikan oleh organisasi atau perusahaan tersebut. Kerahasiaan sebuah kantor akan diketahui oleh orang lain apabila kantor tersebut tidak memiliki keamanan dalam menyimpan sebuah file.

Kerugian otomasi perkantoran akan mengeluarkan biaya yang cukup banyak karena mereka akan membutuhkan sistem otomasi perkantoran yang modern. Zaman modern sekarang ini banyak kantor yang menerapkan otomasi perkantoran yang modern karena mereka menganggap bahwa pekerjaan tugas akan lebih cepat selasai tetapi sebaliknya bahwa kerugian yang akan dikeluarkan oleh kantor tersebut akan semakin banyak dibandingkan sistem penerapan otomasi tradisional.

 

Referensi

http://iamtyas.blogspot.com/ , diakses 13 September 2011

PC MEDIA : Edisi November tahun 2009

Stallard, J John., Smith, E Ray., Reese Donald. 1990. Perkantoran Electronik., Jakarta : Rineka Cipta.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s